Apa Itu Shaum?

Shaum secara bahasa artinya menahan. Kalau secara istilah, shaum adalah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Orang yang wajib shaum adalah; muslim yang kuat dan sudah baligh yang mampu & kuat tak ada halangan Jadi, untuk kalian yang kuat, harus shaum ya, wajib! Juga yang sudah baligh atau dewasa.

Read More

Teman-Temanku

Aku pernah baca di buku, katanya, kalau orang HS itu terlihat kuper dan gak punya teman. Wow, itu adalah anlisis yang sangat meleset. Kata siapa kuper? Kata siapa aku gak punya teman? Justru, katanya, orang HS itu harus banyak temannya. Kenapa? Kan, kalau anak yang biasa seharian di sekolah. Jadi kenalnya hanya sebatas di sekolahan

Read More

Kegiatanku Dan Keseharianku

Apakah menurut kalian, orang yang ambil HS sepertiku akan enak? Bebas main. Bebas tidur. Bebas mau ini mau itu. Enggak, kaliiii… asal kalian tahu, orang HS sepertiku itu sibuk! (cieee… sibuk!). Ya, dikit-dikit, ada yang teriak, “Ira…. asuh Ardi!” atau “Ira…. nyangu!” nyangu adaah bahasa sunda yang artinya memasak nasi. Kalau bukan itu, “Ira…. nyuci!”

Read More

Sejarah Homeschooling Keluarga Kami

Sekitar 7 tahun yang lalu… Ummi memutuskan untuk mengeluarkan A Bani dari sekolah. Ketika itu, A Bani kelas 3. Kata A Bani, dia sudah merasa tak betah bersekolah di situ. Akhirnya, Ummi memutuskan untuk Homeschooling. Kenapa A Bani ingin sekolah? Padahal akhirnya ingin keluar. Ini adalah kisah Homeschooling keluarga kami. Ketika A Bani masih kecil,

Read More

Sahabat Sampai Jannah – Part 4

“Ra, kamu suka masak dari kapan?” Tanya Aqila saat istirahat. Zhafira menyeruput jus semangkanya. “Dari umur lima tahun. Pertama aku masak itu, aku masak mie kuah instan. Kalau masak mie biasanya bumbunya masukin ke mangkuknya. Nanti, mie yang sudah matang tuangin ke mangkuk. Gitu kan?” Tanya Zhafira. Aqila mengangguk. “Tapi, aku gak mau ribet. Jadi,

Read More

Sahabat Sampai Jannah – Part 3

“Dimulai dari sekarang!” seru Mr. Rendy. Semua anak segera sibuk memasak kreasi telur terbaik mereka. Sedangkan Zhafira dan Aqila masih diskusi. “Telurnya mau diapain nih?” Tanya Zhafira sambil membuka buku catatannya. “Aku ada ide. Gimana kalau buat omelet makaroni keju?” usul Aqila. “Wah, boleh banget, tuh!” cetus Zhafira riang. “Aku rebus ayamnya dulu, ya!” kata

Read More

Misteri Lemari Di Tengah Hutan – Chapter 4 (Kisah Aruna)

Aku terseret air bah. Ranting, kayu, rumput, bebatuan, berkali-kali menghantam badanku. Aku merasa badanku agak sakit. Namun, aku berusaha bertahan. Aku tak tahu dimana teman-temanku sekarang. Aku terus terseret air itu. Menbuatku pengap. Aku bahkan tidak memikirkan teman-temanku. Air itu mulai surut. Aku segera melompat ke tanah yang kering. Kudaku entah kemana. Begitu juga teman-temanku.

Read More

Sahabat Sampai Jannah – Part 2

Sophia ditempatkan di Grade-2. Satu kelas dengan Alena. Alena dan Sophia adalah satu-satunya ‘anak kecil’ di kelas itu. Karena semuanya rata-rata berusia 12-13 tahun. Hari itu, di Klub Memasak Chery And Blossom… “Anak-anak, kumpul dulu semuanya di aula, ya…” suara Miss Faty terdengar di speaker. Speaker-speaker tersebut menyebar di seluruh bangunan Klub itu. “Alena, ayo

Read More

Sahabat Sampai Jannah – Part One

Aqila namanya. Gadis kecil berumur 10 tahun ini memilih homeschooling untuk menekuni bakatnya. Aqila agak pendiam dan susah untuk bergaul dengan orang baru. Dia mempunyai sahabat yang sangat baik, bernama Alena. Aqila dan Alena mempunyai minat yang sama. Yaitu memasak. Lalu, Aqila didaftarkan untuk masuk ke sebuah klub memasak. Pertemuan di klub memasak dilakukan tiga

Read More

Kejahatan Yang Dibalas Kebaikan

Kebaikan dibalas kebaikan? Itu sih udah biasa. Kamu bakalan luar biasa jika membalas kejahatan dengan kebaikan. Simak cerita Nabi Muhammad ini, yuk! Tak sedikit orang yang membenci Nabi Muhammad. Banyak. Ketika Rasulullah hijrah ke Madinah, penduduk Yahudi Madinah tidak suka dengan keberadaan umat muslim. Namun mereka tak bisa berkutik ketika Raja Najasyi (Raja Habasyah) membela

Read More
To Top